5 Tips Penting Liburan Bersama Keluarga

tips liburan bersama keluarga
Dear Brosis sekalian.. Liburan bersama keluarga tentu berbeda dengan liburan bersama sahabat atau teman. Liburan bersama keluarga adalah perpaduan antara liburan anak-anak dan liburan orang dewasa. Ada beberapa tips agar liburan ini bisa dinikmati semua anggota keluarga. Saya kutip dari detikTravel, inilah 5 tips liburan bersama keluarga:

Pilihlah tempat tujuan liburan yang tepat
Meskipun ada tempat wisata yang sangat populer, belum tentu itu cocok untuk liburan keluarga. Sangat tidak direkomendasikan liburan dengan anak-anak ke tempat wisata untuk orang dewasa, begitupun sebaliknya orang dewasa menjadi jenuh jika pergi ke tempat wisata anak-anak. Oleh sebab itu ketika akan liburan keluarga pilihlah tempat wisata yang bisa dinikmati oleh orang tua dan juga anak-anak.

Sesuaikan keinginan yang sama
Setiap orang memiliki keinginan yang berbeda, begitu pula dengan anak-anak dan orang dewasa. Usahakan jangan beberapa orang saja yang menikmati liburan keluarga. Kita cari tahu diskusi dulu membahas kesamaan minat semua anggota keluarga. Misalnya jika semua anggota keluarga menyukai petualangan bisa mengunjungi wisata arung jeram, jika semua anggota keluarga suka makan maka wisata kuliner adalah hal yang tepat.

Faktor anak-anak
Liburan keluarga intinya adalah liburan yang harus bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga termasuk anak-anak. Orang dewasa bisa beradaptasi dengan mudah tetapi belum tentu untuk anak-anak. Oleh sebab itu faktor anak-anak penting untuk membuat liburan keluarga menjadi nyaman dan menyenangkan.

Hal lain yang harus diperhatikan orang tua adalah anak-anak itu mudah lelah, mudah bosan, bisa sakit sewaktu-waktu dan juga biasanya memiliki kebiasaan tidur siang. Solusinya orang tua bisa membawa obat-obatan secukupnya, dan jangan lupa untuk membawa mainan kesukaan anak agar tidak bosan.

Interaksi dan kebersamaan harus diutamakan
Saat liburan keluarga, carilah kegiatan yang juga mengutamakan interaksi dan komunikasi dari tempat wisata yang kita datangi. Misalnya mengunjungi pasar wisata untuk membeli souvenir atau oleh-oleh. Anak-anak bisa melihat barang unik yang belum pernah mereka lihat, orang tua bisa mengajak anak-anak berinteraksi dengan pedagang berdiskusi souvenir cantik apa yang sebaiknya dibeli untuk menghiasi rumah atau kamar mereka.

Ajak semua anggota keluarga
Kegiatan liburan keluarga wajib melibatkan semua anggota keluarga baik ayah, ibu dan juga anak-anak. Cari kegiatan liburan yang membutuhkan keaktifan dan kerja sama semua anggota keluarga. Outbound bisa menjadi pilihan yang menarik.

Banyak tempat outbound dengan suasana sejuk, pemandangan hijau yang asri dan fasilitas yang menyenangkan. Berkemah juga bisa menjadi pilihan. Ayah dan anak laki-laki bekerja sama memasang tenda, sementara ibu dan anak perempuan bisa memasak untuk dimakan bersama sambil menikmati keindahan bulan dan bintang di malam hari. Mantap Brosis..!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, silahkan berkomentar agar kita semua bisa saling bersilaturrahmi dan berbagi informasi.