Taman Nasional Wakatobi Yang Menakjubkan

taman nasional wakatobi yang menakjubkan
Dear Brosis sekalian.. Taman Nasional Wakatobi adalah salah satu wisata bahari yang sangat terkenal. Brosis ada yang tahu di mana letak Taman Nasional Wakatobi? Ya.. Taman Nasional Wakatobi berada di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Ibukota kabupaten ini adalah Wangi-Wangi. Wakatobi adalah salah satu tempat menyelam paling indah di dunia.

Keindahan kawasan Taman Nasional Wakatobi sudah terkenal sampai ke luar negeri sejak lama, apalagi setelah Ekspedisi dari Inggris Wallacea pada tahun 1995 yang menyebutkan kawasan di Sulawesi Tenggara sangat kaya akan spesies koral.

Sekitar 750 dari total 850 spesies koral yang ada di seluruh dunia ada di Taman Nasional Wakatobi. Letak kedalamannya beragam mulai dari datar sampai melandai ke dalam laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertepian curam. Bagian terdalam perairannya bisa mencapai 1.044 meter.

Taman Nasional Wakatobi memiliki kekayaan biota laut yang sangat luar biasa. Hal ini karena hamparan terumbu karang yang sangat luas di sepanjang perairan dengan bentuk permukaan bawah laut yang berwarna-warni seperti bentuk flat, slop, atoll, underwater cave, dan drop-off.

Ada lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili yang hidup harmonis bersama penghuni biota laut lainnya, mereka antara lain Acropora formosa, A. Hyacinthus, Psammocora profundasafla, Pavona cactus, Lobophyllia robusta, Fungia molucensis, Leptoseris yabei, Merulina ampliata, Platygyra versifora, Euphyllia glabrescens, dan Sinularia sp.

Wah nama-namanya susah juga ya untuk diucapkan, masih ingat dengan nama-nama tadi brosis? itu sebenarnya pernah kita pelajari saat duduk di bangku sekolah dulu dalam mata pelajaran biologi. Kapan-kapan jika ada waktu ayo kita berkunjung ke Wakatobi untuk menikmati keindahan biota lautnya yang luar biasa. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, silahkan berkomentar agar kita semua bisa saling bersilaturrahmi dan berbagi informasi.