10 Air Terjun Tertinggi di Dunia

Air Terjun Tertinggi
Dear Brosis sekalian.. Niagara sangat sering disebut sebagai air terjun tertinggi di dunia. Padahal sebenarnya air terjun tertinggi di dunia adalah air terjun Angel atau Angel Falls yang terletak di Taman Nasional Canaima, Venezuela. Bahkan Niagara pun tidak termasuk dalam daftar 10 air terjun tertinggi di dunia. Saya kutip dari infopenerbangan, berikut ini adalah 10 air terjun tertinggi di dunia.

Angel Falls
Peringkat pertama ada Angel Falls. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 979 meter. Aliran air di Angel Falls sangat melimpah pada musim penghujan. Tetapi saat musim kemarau, air yang terjun di Angel Falls sangat sedikit sehingga lebih dulu menguap sebelum sampai tiba di dasar tanah.

Tugela Falls
Peringkat kedua ada Tugela Falls. Air terjun ini terletak di Provinsi Kwazulu-Natal, Afrika Selatan. Tugela Falls terdiri dari 5 turunan yang berbeda dengan ketinggian seluruhnya sekitar 948 meter. Dengan ketinggan tersebut, Tugella Falls dapat dilihat dengan mudah dari berbagai lokasi di Taman Nasional Royal Natal, terutama setelah hujan deras yang mengakibatkan debit air meningkat. Ada juga pihak yang berpendapat bahwa Tugela Falls lebih pantas berada di peringkat pertama air terjun tertinggi di dunia.

Las Cataratas Tres Hermanas
Peringkat ketiga air terjun Las Cataratas Tres Hermanas yang terletak di dataran tinggi Andean, daerah Ayacucho di Peru. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 900 meter. Dalam bahasa Peru Las Cataratas Tres Hermanas berarti Air Terjun Tiga Saudara Perempuan. Sebelum bergabung dengan aliran sungai di pedalaman hutan Peru, air terjun ini memiliki beberapa turunan berbeda dengan total ketinggian 914 meter.

Olo’upena
Peringkat keempat ada air terjun Olo’upena yang terletak di Hawaii. Hawaii sangat terkenal dengan wisata pantainya, namun negara yang menjadi bagian dari Amerika Serikat ini juga memilki air terjun yang sangat tinggi yakni Olo’upena Falls. Air rerjun Olo’upena ketinggiannya 900 meter ada di Pulau Molokai. Hal yang unik adalah air terjun Olo’upena langsung airnya langsung jatuh ke laut lepas.

Yumbilla Falls
Peringkat kelima ada Yumbilla Falls yang terletak di Peru. Air terjun ini memiliki ketinggian 896 meter tepatnya terletak di Amazonas. Amazonas adalah sebuah kawasan hutan di perbatasan Peru dan Ekuador. Sayangnya air terjun Yumbilla volume airnya sedikit sehingga kurang bisa untuk mengimbangi ketinggiannya.

Vinnufossen
Peringkat keenam ada air terjun Vinnufossen. Air terjun Vinnufossen terletak di Benua Eropa tepatnya di Norwegia dengan ketinggian 860 meter. Air terjun ini juga disebut sebagai air terjun tertinggi di Eropa. Aliran air terjum Vinnufossen berasal dari gletser Vinnufonna. Setelah sampai di dasar, aliran air terjun Vinnufossen menyatu dengan sungai Driva menuju wilayah Hoelsand di Norwegia.

Balaifossen
Peringkat ketujuh ada air terjun Balaifossen. Air terjun ini juga terletak di Norwegia ketinggiannya 10 meter lebih rendang dibanding Vinnufossen. Balaifossen berada di kawasan Hordaland bagian tenggara Norwegia. Dari kejauhan air terjun Balaifossen terlihat seperti goresan garis putih yang membelah kawasan hijau di kanan dan kirinya.

Pu’uka’oku
Peringkat kedelapan ada air terjun Pu’uka’oku. Air terjun ini terletak di Hawaii tepatnya di Pulau Molokai. Aliran air di Pu’uka’oku terjun dari ketinggian 840 meter menuju lembah hijau di bawahnya lalu aliran air diteruskan ke lautan lepas di perairan Hawaii.

James Bruce
Peringkat kesembilan ada air terjun James Bruce. Air terjun ini terletak di Taman Provinsi Princess Louisa Marine, British Columbia, Kanada. Ketinggian air terjunnya 840 meter hampir sama dengan Pu’uka’oku, bedanya hanya sekitar 0,3 meter.

Browne Falls
Peringkat kesepuluh ada air terjun Browne. Air terjun ini terletak di kawasan Taman Nasional Fiordland, Selandia Baru. Ketinggiannya mencapai 836 meter. Air terjunnya mengalir menuruni sisi pegunungan yang berada di tengah hutan hujan yang sangat rindang. Air terjun ini juga menjadi habitat dari berbagai jenis tanaman dan burung.

Lalu pertanyaannya dimanakah posisi Niagara Falls? dan ternyata Niagara tidak termasuk dalam air terjun tertinggi di dunia. Hal ini karena ketinggiannya hanya sekitar 53 meter. Meskpun demikian, Niagara tetap menjadi air terjun paling terkenal karena keindahannya. Air terjun Niagara terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Niagara adalah air terjun paling indah, tampilannya sangat menakjubkan apalagi jika dilihat dari sisi Kanada dengan jembatan pelangi atau rainbow bridge yang menghubungkan kedua negara tersebut.

Demikian tadi brosis 10 air terjun tertinggi di dunia. Mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi atau pertimbangan untuk liburan ke sana. Sayangnya untuk air terjun yang ada di negara kita tercinta Indonesia belum ada yang masuk di daftar 10 air terjun tertinggi di dunia. Tetapi tidak masalah karena Indonesia juga memiliki banyak air terjun yang sangat indah nanti akan saya bahas di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, silahkan berkomentar agar kita semua bisa saling bersilaturrahmi dan berbagi informasi.