Tips Mencegah Paspor Hilang saat Pelesir

tips mencegah kehilangan paspor
Dear Brosis sekalian.. Paspor secara umum pengertiannya adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh instansi dari suatu negara yang berisi identitas pemegang paspor dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Paspor adalah tanda pengenal utama kita saat sedang berada di luar negeri. Kehilangan paspor saat sedang di luar negeri adalah hal yang tidak diinginkan oleh siapapun. Sedang asyik jalan-jalan di luar negeri, tiba-tiba paspor hilang, tentu ini sangat menjengkelkan. Tenang saja brosis, berikut adalah tips mencegah kehilangan paspor saat berjalan-jalan di luar negeri seperti saya kutip dari infopenerbangan.

Jangan dibawa jika tidak digunakan
Ketika berjalan-jalan atau saat berada di luar negeri memang sangat dianjurkan untuk membawa tanda pengenal atau identitas diri terutama paspor jika kita adalah warga negara asing. Tetapi sebaiknya jangan membawa paspor, paspor tinggalkan saja di hotel, kita cukup membawa fotokopinya. Hal ini untuk menghindari paspor kita hilang misalnya jatuh di jalan atau dicuri orang yang tidak bertanggung jawab.

Simpan dengan baik dan hati-hati
Saat di hotel simpanlah paspor di kamar, simpan di tempat yang aman dan tidak terpikirkan oleh orang lain yang ingin mengambilnya. Jangan menitipkan paspor pada resepsionis. Perlakukan paspor seperti berlian karena sama sangat berharganya.

Simpan dan perbanyak fotokopi paspor
Kita sebaiknya memperbanyak fotokopi paspor, ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Simpan beberapa fotokopi paspor di rumah, bawa beberapa saat bepergian atau berjalan-jalan. Jika paspor kita hilang, tidak akan sulit untuk membuat penggantinya di kantor kedutaaan setempat.

Jangan menitipkan paspor sembarangan
Ada beberapa tempat di luar negeri misalnya tempat penyewaan sepeda, motor, atau mobil meminta kita untuk menitipkan paspor sebagai barang jaminan. Jangan memberikan paspor kita yang asli, lebih baik berikan fotokopinya saja.

Segera melapor saat paspor hilang
Segeralah melapor ke petugas kepolisian setempat jika paspor kita hilang. Mintalah surat tanda kehilangan sebagai bukti untuk pembuatan paspor pengganti di kantor Kedutaan setempat. Jika paspor kita hilang dicuri, dengan hal ini kita juga sudah termasuk membantu polisi dalam mencari pelaku atau sindikat pencurian paspor.

Itu tadi brosis informasi mengenai tips mencegah kehilangan paspor saat berjalan-jalan di luar negeri. Mungkin brosis ada yang lebih berpengalaman tentang paspor? silahkan menambahkan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, silahkan berkomentar agar kita semua bisa saling bersilaturrahmi dan berbagi informasi.