Keindahan Telaga Cebong Wonosobo

Keindahan Telaga Cebong
Dear Brosis sekalian.. Telaga Cebong terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya tidak begitu jauh dari Dataran Tinggi Dieng. Karena telaga ini terletak di sebuah desa dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut, maka Telaga Cebong disebut juga telaga di atas awan. Desa Sembungan juga otomatis terkenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa dengan penduduk sekitar 1.400 jiwa.

Telaga Cebong ini memiliki air yang jernih, panorama alam menakjubkan, dan sumber daya perikanan yang melimpah. Langit yang biru dan perbukitan hijau terpantul pada permukaan air telaga yang sangat jernih dan tenang.

Selain menikmati keindahan Telaga Cebong, Kita juga bisa menikmati keindahan perkebunan penduduk di perbukitan sekitar yang mengelilingi telaga. Panorama alamnya didominasi warna hijau dengan suasana sejuk dan asri. Wow.. Telaga Cebong mantap brosis..

Dinamakan Telaga Cebong karena dulu banyak ditemukan anak katak yang disebut kecebong di tepian telaga tersebut. Selain itu, Kita juga bisa naik perahu untuk menikmati keindahan telaga. Naik perahu di telaga yang letaknya di atas gunung tentu akan menjadikan sensasi tersendiri bagi pengalaman wisata kita. Mungkin di sinilah tempat wisata yang akan membuat kita untuk semakin bersyukur atas keindahan alam ciptaan-Nya. Pemandangan alamnya sungguh luar biasa.

Telaga Cebong memiliki kedalaman sekitar 2 sampai 4 meter, airnya sangat bersih dan jernih karena tidak bercampur dengan belerang, ikannya juga melimpah bisa untuk kita pancing. Saat memancing di sini ada hal yang menarik, sebagian orang yang memancing di telaga cebong ini tidak menggunakan umpan.

Mereka hanya bermodal keberuntungan lalu cukup dengan melempar kail, menarik mata kail sedemikian rupa hingga ada seekor ikan tersangkut pada mata kail itu. Terlihat seperti tidak mungkin, tapi memang memancing dengan cara itu ada di Telaga Cebong dan kita juga bisa membeli ikan hasil pancingan itu dengan harga murah bahkan masih bisa ditawar lagi.

Telaga Cebong adalah sumber kehidupan yang sangat penting bagi masyarakat sekitar. Selain untuk tempat memancing ikan, air telaga ini juga digunakan untuk keperluan irigasi. Air telaga bisa untuk mengairi sawah, kebun sayuran, dan lain-lain. Sektor pariwisata tentu saja juga memberikan nilai positif bagi penduduk sekitar telaga.

Demikian tadi sedikit informasi mengenai Telaga Cebong yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Letaknya dekat dengan Dataran Tinggi Dieng brosis. Mungkin jika ada waktu bisa kita kunjungi untuk menikmati sensasi naik perahu di atas gunung. Jika ada brosis yang sudah pernah berkunjung ke sana, silahkan berbagi ceritanya di kolom komentar. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini, silahkan berkomentar agar kita semua bisa saling bersilaturrahmi dan berbagi informasi.